19 Juni 2011

Touchscreen

Tau touchscreen? Pernah menggunakannya?
Touchscreen atau layar sentuh biasa digunakan pada handphone, ATM, televisi di pesawat terbang, alat penunjuk arah dan lokasi di mal, dan sebagainya. Selama ini kita hanya menyentuhnya, namun pernahkah kita memikirkan apa yang berada di dalamnya?

touchscreen (layar sentuh)

Touchscreen memiliki tiga komponen utama yaitu :


Touch sensor atau sensor sentuh adalah lapisan penerima sentuhan dari luar monitor. Letaknya di bagian terdepan dari layar sentuh, sensor ini juga sangat peka terhadap sentuhan. Ketika disentuh, sensor ini menangkap adanya perubahan arus dan sinyal listrik. Lalu, sendor ini merekan perubahan tadi dan mengirimkannya pada pengontrol.


Touch Sensor
Controller atau pengontrol adalah penghubung antara sensor dengan prosesor komputer.  Ketika sensor merekam sentuhan, datanya akan diteruskan ke pengontrol. Kemudian, pengontrol akan mengolah data tersebut agar dapat diterima dan diolah oleh prosesor komputer. Selanjutnya, data dikirim kembali ke pengontrol dan menjadi informasi yang ditampilkan di layar monitor.


Controller
Software driver adalah software atau perangkat lunak yang diinstal pada komputer. Berfungsi untuk mengatur agar layar sentuh dan komputer dapat bekerja sama dengan cara mengatur prosesor komputer untuk mengolah data dari pengontrol.

Jenis-Jenis Layar Sentuh :


Capacitive Touchscreen
Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar, maka akan terjadi perubahan arus listrik lalu perubahan ini dikirim ke sensor sentuh dan diteruskan ke pengontrol. Layar sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh oleh benda-benda lain seperti kuku jari dan stylus, layar ini tidak bereaksi.

Capacitive Touchscreen
Resistive Touchscreen
Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan, namun ada dua lapisan yang terpenting. Jarak antara kedua lapisan tersebut sangat dekat, ketika disentuh atau ditekan, kedua lapisan itu akan bersentuhan dan membangkitkan arus listrik yang menandakan letak posisi sentuhan. Selanjutnya, arus listrik itu akan dikirim ke pengontrol untuk diproses.

Resistive Touchscreen
Surface Acoustic Wave
Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh, sebagian gelombang akan terserap. Perubahan gelombang itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian, perubahan gelombang tersebut akan dikirim ke penontrol untuk diproses.

Surface Acoustic Wave

Multi-Touchscreen (Layar Multi Sentuh)

Agar semakin canggih, layar sentuh dikembangkan lagi. Maka, diciptakanlah layar multi sentuh yang berarti dapat disentuh dengan lebih dari satu jari. Bahkan, bisa disentuh dengan puluhan jari dari tangan orang yang berbeda-beda secara bersamaan.

Dengan layar multi sentuh, kita dapat memperbesar, memperkecil, mengubah posisi, dan memindahkan posisi obyek pada layar monitor. Obyeknya dapat berupa foto atau games. Layar multi sentuh biasanya digunakan pada handphome,  komputer, MP3 payer, dan lainnya. Selain itu ada juga yang berupa meja kaca.

Pada  dasarnya, teknologi layar multi sentuh sama dengan teknologi llayar sentuh satu jari. Hanya saja, ditambah dengan sistem-sistem lain yang bereaksi saat disentuh banyak jari. Setiap layar multi sentuh memiliki sistem masing-masing. Misalnya ada yang ditambahkaan sistem kamera di bagian dalam layar, menggunakan sinar infra merah, memakai pemancar khusus di permukaan layar.


Multi-touchscreen


5 - j o u r n e y -: Touchscreen Tau touchscreen ? Pernah menggunakannya? Touchscreen atau layar sentuh biasa digunakan pada handphone , ATM, televisi di pesawat terbang, ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >